UNSRAT

FPIK

Prodi Doktor IKA

Visi
Bersama menata Universitas Sam Ratulangi menjadi
Universitas Unggul dan Berbudaya.
Menjadi Fakultas yang Unggul dan Berbudaya di Kawasan Pasifik. Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Kelautan Unggul dan Berbudaya dalam menghasilkan Kebaruan Riset di Kawasan Pasifik pada Tahun 2026.
Misi
 1.   Meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

2.   Mengembangkan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni-budaya yang berorientasi kawasan pasifik.

3.   Meningkatkan akses dan peran pendidikan tinggi bagi peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat.

4.   Meningkatkan tata kelola pendidikan tinggi, dimaksudkan untuk menata hidup masyarakat.

 

1.    Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing serta berwawasan kepulauan.

2.    Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi serta industri perikanan dan kelautan yang relevan dengan pengembangan sumber daya kepulauan.

3.    Menyebarkan hasil penelitian melalui kaji tindak dan penerapan teknologi inovatif pada masyarakat, terutama dalam mengembangkan sumber daya kepulauan secara berkelanjutan.

4.    Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan, lulusan dan alumni.

5.    Menyelenggarakan pengembangan manajemen institusi yang bertata kelola baik.

1.  Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di era digital secara berkelanjutan.

2.  Mengembangkan inovasi dan kebaruan riset yang berorientasi pada sumber daya Kelautan di Kawasan Pasifik.

3.  Meningkatkan kontribusi produk riset bagi dunia usaha/industri, pemerintah dan masyarakat.

4.  Mengembangkan kerjasama dengan institusi dimana mahasiswa dan alumni berkerja.

5.  Mengoptimalisasikan pengembangan manajemen program studi.

 

 

UNSRAT

FPIK

Prodi Doktor IKA

Tujuan
1.  Meningkatkan akses, kualitas pembelajaran dan relevansi pendidikan tinggi.

2.  Tersedianya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang unggul dan berkualitas.

3.  Tersedianya wadah pendidikan tinggi yang inovatif dan berorientasi kearifan lokal.

4.  Terbangunnya interaksi yang harmonis antara perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat (pemangku kepentingan) melalui kerjasama dan kemitraan.

5.  Terwujudnya UNSRAT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang otonom dan akuntabel dalam menjalankan fungsi-fungsi institusi yang efektif dan efisien untuk peningkatan kemandirian.

 

1.  Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran perikanan dan kelautan sehingga mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing serta berwawasan Pasifik.

2.  Terwujudnya kemampuan dan kualitas penelitian yang dapat menopang proses pendidikan serta aplikatif bagi pengembangan sumber daya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan.

3.  Terwujudnya aplikasi hasil-hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat kepulauan.

4.  Terwujudnya pembinaan kemahasiswaan yang dapat menopang mutu lulusan.

5.  Terwujudnya FPIK UNSRAT yang bertata kelola baik.

1.   Menghasilkan lulusan Doktor Ilmu Kelautan yang mempunyai integritas keilmuan, berbudaya, dan mampu berpikir sistemik dalam mengembangkan ilmu kelautan di kawasan Pasifik.

2.   Menghasilkan kebaruan riset terpublikasi internasional bereputasi dan hak atas kekayaan intelektual (HKI) yang fokus pada sumber daya kelautan di kawasan Pasifik.

3.   Menghasilkan produk riset yang memberikan nilai tambah serta manfaat ekonomi bagi dunia usaha/industri, pemerintah atau   masyarakat untuk kemajuan sektor kelautan dan perikanan.

4.   Menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan institusi dimana mahasiswa dan alumni berkerja.

5.   Mengimplementasikan manajemen program studi yang transparan dan akuntabel.

Strategi
1.   Meningkatnya Kualitas Kurikulum dan Pembelajaran.

2.   Meningkatnya Kualitas Lulusan Pendidikan Tinggi.

3.   Meningkatnya Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

4.   Meningkat-nya Peran UNSRAT dalam Masyarakat.

5.   Terwujudnya Tata Kelola yang Berkualitas.

1.   Terwujudnya pendidikan dan pengajaran perikanan dan kelautan yang bermutu sehingga mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing serta berwawasan kepulauan.

2.   Terwujudnya kualitas penelitian yang dapat menopang proses pendidikan dan aplikatif bagi pengembangan sumberdaya kepulauan secara berkelanjutan.

3.   Terwujudnya aplikasi teknologi tepat guna dan berdaya guna, hasil-hasil penelitian keunggulan lokal dalam pengabdian kepada masyarakat kepulauan, masyarakat industri perikanan dan kelautan.

4.   Terwujudnya pembinaan kemahasiswaan, lulusan dan alumni.

5.   Terwujudnya FPIK UNSRAT yang bertata kelola baik.

1.   Meningkatkan kualitas kurikulum berbasis riset sesuai dengan kondisi terkini untuk menghasilkan lulusan yang berpikir sistemik yang dibutuhkan oleh industri kelautan.

2.   Memberdayakan kemampuan berpikir sistemik mahasiswa untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam laut yang melimpah di Kawasan Pasifik sebagai objek penelitian.

3.   Menyebarluaskan informasi ilmiah melalui jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi, HKI, Paten sederhana dan Paten, serta Buku Ilmiah yang berbasis sumber daya alam laut kepasifikan untuk membuka peluang besar dalam ketertarikan studi di Prodi Doktor IKA UNSRAT.

4.   Meningkatkan produk riset dalam bentuk jurnal internasional bereputasi dan nasional terakreditasi serta terdaftar pada, HKI, Paten sederhana dan Paten, yang dapat dihilirisasikan pada industri kelautan dan pengguna lainnya.

5.   Menghasilkan produk riset berbasis sumber daya kelautan yang berdaya saing dalam industri kelautan.

6.   Meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang ilmu kelautan untuk mampu bersaing mendapatkan dana penelitian baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta.

7.   Terwujudnya manajemen program studi yang transparan dan akuntabel untuk mendukung penjaminan mutu berkelanjutan dan membuka peluang kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan institusi pemerintah, institusi dimana mahasiswa dan alumni berkerja, serta swasta baik dalam dan luar negeri.