Para pengunjung Web yang terhormat,

Program Studi Doktor Ilmu Kelautan diawali dengan  mandat yang diberikan oleh Dirjen DIKTI bernomor: 1264/E/T/2011.  Di tahun 2013, Mendikbud mengeluarkan SK Nomor 203/E/O/2013 tentang “Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kelautan (S3) pada Universitas Sam Ratulangi di Manado”.  Pada tahun 2016, BAN-PT mengeluarkan keputusan bahwa Program Studi Doktor Ilmu Kelautan UNSRAT memperoleh AKREDITASI  B, berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2810/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2016.

Di Indonesia, Program Studi Doktor Ilmu Kelautan yang telah terakreditasi di BAN-PT sejauh ini baru 2 PT, yaitu Universitas Sam Ratulangi dan Institut Pertanian Bogor.

Esensinya, Program Doktor merupakan program pendidikan di atas jenjang magister yang bertujuan untuk menghasilkan Doktor yang mempunyai sikap akademik yang tinggi, jujur, mempunyai kemampuan meneliti secara mandiri, dan mampu memberi sumbangan berarti kepada khasanah ilmu pengetahuan, kerekayasaan, atau seni.

Karakteristik utama program pendidikan doktor di PS-Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado adalah riset.  Riset yang merupakan bagian dari program pendidikan doktor dapat dilakukan dalam berbagai bidang keilmuan atau konsentrasi. Gelar Doktor diberikan setelah promovendus menunjukkan penguasaan pengetahuan secara mendalam dalam bidang ilmu Kelautan, menunjukkan kemampuan dan keterampilan meneliti secara mandiri dalam satu konsentrasi ilmu yang dikaitkan pada sistem ilmu untuk disumbangkan kepada pembangunan bangsa dan negara termasuk untuk kemanusiaan. dan penelitiannya harus bersifat asli/orisinil, serta menunjukkan kebaharuan (novelty) di bidangnya. Hasil penelitian doktor harus menambah khasanah ilmu pengetahuan yang telah ada dan diharapkan dapat mengungkapkan masalah baru menurut kaidah ilmu pengetahuan, kerekayasaan, dan seni/desain. Perjalanan Pendidikan Doktor Ilmu Kelautan UNSRAT didasarkan pada Visi: “Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Kelautan Unggul dan Berbudaya dalam Menghasilkan Kebaruan Riset di Kawasan Pasifik pada Tahun 2026. ”.

Saat ini, Prodi Doktor (S3) Ilmu Kelautan telah menyelenggarakan  pendidikan dengan  5 bidang minat, yakni:

  1. Farma-Nutrasetika & Biokimia Laut
  2. Perikanan Tangkap dan Budidayaserta Pengelolaan Hasil Laut
  3. Pengelolaan Pesisir Terpadu & Ekowisata Bahari
  4. Dinamika Laut- Admosfir- Geosfer
  5. Bioekologi Kelautan

Para pengunjung, dalam situs ini memuat informasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian  masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi.  Di samping itu, informasi ketersediaan data tenaga pendidik, mahasiswa dan piranti lunak dan keras yang tersedia.

 

 

Koordinator Prodi Doktor Ilmu Kelautan,

Prof. Dr. Desy M. H. Mantiri, DEA.